Wujud Kesatuan Bangsa dalam Aspek Sosial Budaya di Indonesia


Persatuan dan kesatuan merupakan hal penting bagi Indonesia yang memiliki suku, ras, agama, tradisi, dan adat beragam. 

Ada banyak contoh dari pentingnya wujud kesatuan bangsa dalam aspek sosial budaya di Indonesia. Salah satunya semangat gotong royong warga untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal. 

Simak berbagai contoh wujud kesatuan bangsa dalam aspek budaya lainnya dalam ulasan di bawah ini.

Makna Persatuan dan Kesatuan bagi Indonesia

Persatuan dan kesatuan merupakan dua istilah yang selalu melekat bagi bangsa dengan beragam latar belakang suku, ras, agama, tradisi, dan adat seperti Indonesia. Salah satu alasannya karena persatuan dan kesatuan adalah kunci utama dalam menjaga keutuhan.

Makna persatuan dan kesatuan lebih merujuk pada tindakan bersatu dan tidak terpecah belah. Hal itu tersirat dalam sila ketiga , yaitu Persatuan Indonesia.

Mengutip dari buku Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII karya Utari dan Ginawan (2019: 18), “Persatuan Indonesia” bermakna wujud persatuan dalam berbagai aspek kehidupan yang meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan yang semuanya terwujud dalam satu wadah, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wujud Kesatuan Bangsa dalam Aspek Sosial Budaya

Terdapat banyak contoh kesatuan bangsa dalam aspek sosial budaya di . Berikut adalah tiga contohnya yang umum ditemukan dalam lingkungan sosial masyarakat.

1. Menghargai Perbedaan

Indonesia adalah bangsa yang terlahir dengan berbagai macam perbedaan. 

Hingga saat ini, bangsa Indonesia masih dapat bersatu berkat kemampuannya dalam menghargai setiap perbedaan, baik itu perbedaan pendapat, agama, maupun lainnya.

2. Memiliki Semangat Gotong Royong

Indonesia juga merupakan bangsa yang mempunyai semangat gotong royong untuk kebaikan dan kepentingan bersama. 

Salah satu contohnya semangat  membersihkan lingkungan tempat tinggal dengan sesama warga.

3. Merasa Satu Bangsa

Keberagaman latar belakang masyarakat Indonesia tidak membuatnya merasa berbeda antara satu sama lain. Pasalnya, masyarakat masih bangga menyebut dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Itulah pembahasan mengenai wujud kesatuan bangsa dalam aspek sosial budaya di Indonesia.

Selain tiga contoh di atas, sebenarnya masih banyak wujud kesatuan bangsa dalam aspek sosial budaya di Indonesia. Misalnya, setiap individu meyakini serta mengakui bahwa dirinya berada dalam satu kesatuan, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidak ada komentar