Pengamanan Perairan Jadi Atensi



DIREKTORAT Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB, memastikan akan memberikan atensi khusus di sejumlah wilayah perairan wilayah NTB jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

“Jadi, untuk pengamanan wilayah perairan seluruh kapal yang kita miliki siap digerakkan untuk melakukan patroli laut,” kata Direktur Polairud Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga, kepada wartawan, Kamis, 21 Desember 2023.

Selain kapal lanjut Kobul, pihaknya pun menyiagakan 20 personil yang akan melakukan patroli secara rutin. Personil ini nantinya akan memberikan imbauan kepada masyarakat dan pelaku wisata agar melengkapi sarana keselamatan.

“Personel kita sudah siap melakukan pengamanan terutama terkait dengan aspek keamanan di laut,” sebutnya.

Kobul meyakinkan pola pengamanan di wilayah perairan menjadi atensi jelang tahun baru. Karena di prediksi akan banyak mobilisasi masyarakat ke sejumlah destinasi wisata unggulan daerah.

“Kita punya Gili Trawangan, Meno, dan Air sehingga arus penyeberangan ke lokasi destinasi tersebut akan kita atensi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” sebutnya.

Tentu hal yang berkaitan dengan faktor keselamatan selama berada di laut menjadi perhatian yakni ketersediaan life jaket dan plampung. Hal itu dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut.

“Kita tetap melakukan kordinasi lebih lanjut dengan teman-teman di pelayaran, supaya hal yang berpotensi menjadi faktor kecelakaan laut bisa ditekan,” tambahnya.

Kobul menyebutkan, selama tahun tahun 2023 pihaknya telah melakukan penyelamatan keuangan negara sebesar Rp7,8 miliar dari sektor perairan. Sedangkan untuk penindakan kasus perairan pihaknya mampu menyelamatkan uang negara sebesar Rp4,1 miliar.

“Penyelamatan uang negera tersebut berkaitan dengan upaya penyelundupan sejumlah komoditas perairan salah satunya benih lobster,” tukasnya. 

Tidak ada komentar