Kembangkan IKN dengan Konsep Kota Hijau, OIKN Kerja Sama dengan Otorita Canberra

 

Pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) menggunakan konsep berkelanjutan dan hijau. Menuju ke arah itu, Otorita IKN bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Canberra Australia (The National Capital Authority of The Commonwealth of Australia).

"Kami berharap ke depannya pertukaran pengetahuan bisa terjadi untuk hal-hal yang khusus dimiliki oleh kedua kota,” ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Kedutaan Besar Australia Untuk Indonesia di Jakarta pada Selasa (27/2).

CEO of National Capital Authority of Australia Sally Barnes antusias dengan kerja sama dengan Otorita IKN. “Pembangunan Nusantara dengan konsep berkelanjutan dan hijau menjadi daya tarik di abad ke-21, tentunya akan mendapat banyak dukungan dari masyarakat luas termasuk kami,” kata Sally.

Dengan adanya kerja sama ini, Sally berharap untuk bisa belajar banyak soal pembangunan berkelanjutan dan cerdas yang dicanangkan Otorita IKN.

Deputy Head of Mission Australia Embassy for Indonesia Steve Scott melihat kerja sama Indonesia-Australia saling menguntungkan. Australia berkomitmen untuk mendukung upaya pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan yang dilakukan Indonesia.

"Selain itu kami juga berharap mampu membangun institusi pendidikan seperti kami membangun Central Queensland University di Balikpapan,” ucap Steve.

Adapun bentuk kerja sama itu meliputi pembangunan, promosi, dan menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan oleh kedua pihak. Canberra dengan perencanaan dan manajemen urban dinilai mampu menjadi mitra pembangunan bagi Nusantara.

Tidak ada komentar