Dinas Ketahanan Pangan Gelar GPM di Enam Kecamatan

 

Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram menggelar gerakan pangan murah (GPM) di enam kecamatan. Kegiatan ini digelar untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mataram ke-31.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram, Lalu Jauhari melalui Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Faesal Abdussamad menjelaskan, gerakan pangan murah digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Mataram ke-31. Pelaksanaan GPM di enam kecamatan yakni, Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya, Kelurahan Cakranegara Selatan, Kecamatan Cakranengara, Kelurahan Tanjung Karang Permai, Kecamatan Sekarbela, Kelurahan Pejarakan Karya, Kecamatan Ampenan, Kelurahan Pagesangan Barat, Kecamatan Mataram dan halaman Kantor Lurah Babakan, Kecamatan Sandubaya. “Kita gelar di enam kecamatan dalam rangka HUT Kota Mataram,” kata Faesal dikonfirmasi pada Selasa, 20 Agustus 2024.


Dijelaskan, tujuan GPM adalah untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan menyediakan bahan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh kebutuhan pangan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasar pada umumnya, sehingga membantu meringankan beban ekonomi rumah tangga.


Faesal menegaskan, kegiatan ini juga sebagai upaya pemerintah menekan inflasi di Kota Mataram. Pihaknya memastikan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan. “Kegiatan ini berkontribusi dalam menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.


Menurutnya, Kota Mataram sebagai daerah barometer inflasi memiliki wilayah yang peka atau sensitif dengan gejolak harga pangan, sehingga gerakan pasar murah menjadi solusi untuk menekan harga pangan.


Untuk mengoptimalkan pelaksanaan GPM dilibatkan 18 distributor dengan berbagai jenis produk pangan dijual, Bank Indonesia serta kelompok tani. Berbagai jenis bahan pangan yang memicu inflasi seperti, cabai rawit, telur, tomat, minyak goreng serta komoditas pangan lainnya disediakan untuk melengkapi kebutuhan masyarakat.

Tidak ada komentar